• February 29, 2024

Cara Menanam Kacang Hijau di Kapas agar Cepat Tumbuh

VMNmedia.id – Kacang-kacangan adalah bahan makanan yang memiliki manfaat gizi untuk Anda. Tauge adalah salah satunya, yang dapat ditanam dari kacang hijau atau kacang kedelai. Anda dapat menanam kacang hijau sendiri di rumah untuk dikonsumsi sebagai tauge. Caranya adalah dengan menggunakan kapas dan air untuk membuat kacang hijau berkecambah.

Setelah kacang mulai tumbuh, Anda dapat menanamnya di kebun atau memanen kecambah untuk digunakan dalam salad atau tumis. Anda juga bisa menanam kacang dengan cara ini untuk mengajari anak lebih banyak tentang bagaimana tanaman tumbuh.

Dilansir Home Guides SF Gate, Jumat (15/4/2022), berikut cara menanam kacang hijau di kapas agar cepat tumbuh sebagai tauge.

Pertama, basahi beberapa kapas atau bahan katun lainnya dengan air hangat. Biarkan kapas meneteskan air berlebih tetapi jangan memerasnya untuk mempercepat prosesnya. Meremas kapas dapat menghilangkan terlalu banyak air dan mengurangi luas permukaan kapas yang tersedia untuk akar kacang.

Masukkan kapas ke dalam wadah plastik bening. Ukuran wadah akan tergantung pada jumlah kapas yang Anda gunakan dan berapa banyak kacang yang Anda harapkan untuk berkecambah.

Tempatkan kacang yang akan berkecambah di atas kapas di dalam wadah. Anda tidak perlu menekan kacang ke dalam kapas. Pastikan mereka bersentuhan dengannya dan tidak di atas kacang lainnya.

Tutup wadah plastik dan letakkan di ambang jendela atau tempat lain yang akan menerima sinar matahari langsung. Berhati-hatilah untuk tidak menggeser biji kacang hijau saat memindahkan wadah. Anda perlu memastikan mereka tetap berada di atas kapas setiap saat.

Periksa biji setiap hari sampai Anda melihat perkecambahan dimulai. Setelah itu Anda harus membuka kantong untuk memungkinkan oksigen ekstra mencapai kacang. Biarkan kacang tumbuh selama beberapa hari sampai panjangnya 2 hingga 3 inci. Ini harus cukup besar untuk digunakan dalam resep atau untuk dipindahkan ke kebun jika Anda ingin menanam tanaman kacang utuh.