• June 21, 2024

Gelar Pasar Murah Khusus Cabai, Kementan Pastikan Penuhi Cabai Untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Nataru

Jakarta – Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian melaksanakan pasar murah khusus cabai merah dan cabai rawit. Aksi promosi hortikultura ini sebagai upaya pemerintah menyikapi dampak El Nino yang berimbas pada gejolak bahan pokok khususnya cabai. Aksi ini merupakan perwujudan kerja sama pemerintah bersama champion cabai.

Kegiatan ini dilaksanakan serempak selama sepekan mulai 15 – 21 Desember 2023 di DKI Jakarta meliputi Pasar Mitra Tani Hortikultura, 12 Kelurahan/kecamatan wilayah Jakarta Timur. Selain Jakarta, provinsi lain turut mengadakan aksi serupa di antaranya lima Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, NTB, DIY berikut 13 Kabupaten/kota.

“Ini merupakan kegiatan stimulan dalam rangka stabilisasi pangan khususnya cabai. Bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian hadir bersama para champion cabai yang berkomitmen penuh menjaga pasokan,” ujar Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Andi Idil dalam pesan singkatnya.

Idil mengatakan, harga yang dijual lebih rendah dibanding harga di Pasar Induk yakni Rp 60 ribu untuk cabai rawit dan Rp 30 cabai keriting per kg.

“Tidak sampai satu jam, 2400 paket cabai yang tersebar di empat titik khusus hari ini, ludes diburu pembeli. Itu baru di Jakarta saja. jika di total dengan aksi di beberapa provinsi dan 13 Kabupaten mencapai hampir 2 ton” terang Idil.

Salah seorang pengelola Panti Asuhan Parapattan, Firda yang berlokasi di Cipinang – Jakarta Timur mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu, khusus kebutuhan dapur sehari-hari di panti.

“Saya sangat senang bisa membeli cabai dengan harga murah. Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai masyarakat biasa,” ucap Firda penuh semangat.

Pengunjung lain mengatakan bahwa harga tersebut jauh di bawah harga pasar. “Membeli cabai di sini harganya sangat murah sekali. Di sini per kilogram cabai merah Rp 60 ribu dan cabai rawit Rp 30 ribu. Di tengah harga cabai yang mahal di pasar, di sini kita bisa dapat dengan harga yang lebih murah. Saya akan membantu untuk memberi tahu teman-teman saya untuk datang ke sini,” ujar Maulida.

Mengamini, pengunjung lain yang kebetulan membeli cabai untuk kebutuhan ke dua orang tuanya, mengaku senang dengan harga yang diberikan PMTH.

“Saya membeli untuk mama dan papa di rumah. Kebetulan kedua orang tua membuka warung kecil. Cabai dengan segini betul-betul sangat terjangkau. Masyarakat jadi sangat terbantu dengan adanya promo ini,” pungkas Melani.

Wagiyati, pemiliki kios Sinar Farm PMTH mengatakan bahwa warga antusias membeli cabai dengan harga tersebut. Tidak hanya membantu Masyarakat saja, pedagang turut senang karena menarik pembeli untuk berbelanja di PMTH Jakarta.

“Di sini mengeluarkan stoknya pelan-pelan tadinya, yakni kebagian masing-masing 50 kg. Hanya saja dengan harga demikian masyarat sangat antusias. Jadinya tidak sampai 1 jam cabainya ludes,” pungkas Wagiyati.

Di lokasi lainnya, tepatnya Kantor Walikota Jakarta Timur, tampak beberapa ibu-ibu usia lanjut.

“Subsidi pemerintah seperti ini, menolong sekali buat kaum ibu dan para pensiunan. Harganya sangat jauh di bawah harga pasar,” pungkas Rushartini

Read Previous

Nanas, Buah Tropis Yang Kian Populer di Indonesia

Read Next

Kementan Dukung Aplikasi Teknologi Pengolahan Singkong di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *