• February 29, 2024

Jelang Hari Raya Lebaran, Mentan SYL Pastikan Ketersedian Pangan Pokok di Semua Daerah Dalam Kondisi Aman

GOWA,VMNmedia.id – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan semua ketersediaan bahan pangan pokok menjelang hari raya idul fitri beberapa hari lagi terpantau dalam kondisi aman. Kepastian ini kata SYL diperoleh setelah jajaran kementan turun labgsung ke pasar-pasar maupun gudang-gudang pangan yang ada di seluruh Indonesia.

“Urusan Kementan adalah ketersediaan. Dan dari hasil pantauan kami di lapangan stoknya ada. Insyaallah lebaran tahun ini kondisinya aman,” ujar SYL usai menggelar pertemuan dengan penyuluh pertanian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, 18 April 2023.

SYL menjelaskan bahan pokok yang dimaksud adalah ketersedian beras, gula, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, bawang merah, cabai merah dan sejumlah komoditas lain yang diproduksi petani setiap hari. Karena itu, dia mengatakan tidak ada kekurangan apalagi kelangkaan.

“Beras sampai dengan minyak artinya produksi awal semua berjalan baik. Dan kelihatannya hampir semua daerah memiliki daerah-daerah surplus. Karena itu kami dekatkan untuk bisa saling melakukan komunikasi antara kelompok dan tentu pemerintah daerah harus hadir,” katanya.

Sebelumnya jajaran Kementan menyebar memantau ketersediaan di pasar dan gudang-gudang pangan seluruh Indonesa. Dari Jabodetabek, ketersediaan di Pasar Rakyat Tamansari, Pasar Leuwi Liang, Pasar Cileungsi, Pasar Anyar Bekasi, Pasar Kranji, Pasar Tangerang Kota, Pasar Depok dan juga Pasar-pasar di Jakarta dalam kondisi tersedia alias aman.

Terbantu, SYL juga memantau ketersediaan di semua sentra pangan Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga Kalimantan. Dia ingin, masyarakat tenang menyambut hari raya lebaran dengan terpenuhinya kebutuhan bahan pangan pokok.

“Sekali lagi kita sudah memantau di semua daerah terkait ketersediaan yang ada dan hasilnya aman,” jelasnya.

Read Previous

Sasar Generasi Millenial, Kementan Sosialisasikan Program

Read Next

Lewat Genta Organik, Kementan Ajak Petani dan Penyuluh Selamatkan Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *