• February 29, 2024

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

VMNmedia.id – Kacang kedelai merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Kacang kedelai biasa diolah menjadi berbagai bahan pangan bergizi seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Tidak cuma lezat, kacang kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram kacang kedelai rebus adalah sebagai berikut: Kalori 173 Air 63 persen Protein 16,6 gram Karbohidrat 9.9 gram Gula 3 gram Serat 6 gram Lemak 9 gram (terdiri dari asam lemak tidak jenuh 7 gram, 1,3 gram lemak jenuh, dan asam lemak omega-3 dan omega-6).

Berikut Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan :

1. Baik untuk penderita diabetes

Kacang kedelai terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan respons insulin di dalam tubuh. Selain itu, kacang ini tidak menyebabkan naiknya gula darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, kacang kedelai baik untuk penderita diabetes.

2. Meringankan gejala menopause

Menopause pada wanita biasanya diiringi dengan gejala yang mengganggu, seperti hot flushes, berkeringat, dan perubahan suasana hati. Uniknya, wanita Asia ternyata lebih sedikit mengalami gejala penyerta menopause. Para ahli menemukan ini merupakan hasil dari diet kaya serat dan kacang kedelai yang dilakukan oleh wanita Asia. Mengonsumsi isoflavon 135 mg per minggu terbukti menurunkan gejala menopause.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan isoflavon di dalam kacang kedelai dipercaya mampu mengurangi risiko osteoporosis pada orang tua, terutama wanita yang mengalami menopause.