• June 14, 2024

Kementan Cek Inovasi Modern Kebun Alpukat di Subang

Subang, 31/08/2023 – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura terus melakukan upaya dalam mendukung dan mengapresiasi perkembangan sektor hortikultura di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan Dirjen Hortikultura pada hari ini ke kebun alpukat Superavo yang terletak di Subang.

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto didampingi oleh beberapa bidang hortikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Subang serta Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (ASEIBSSINDO). Rombongan disambut oleh tim manajemen Kebun Alpukat Superavo dan diberikan penjelasan mengenai inovasi teknik bercocok tanam, pemeliharaan tanaman, serta pengelolaan kebun yang berkelanjutan.

Kebun Alpukat Superavo telah menjadi contoh sukses dalam penerapan teknologi pertanian modern dan praktik berkelanjutan. Mereka juga telah berkontribusi dalam ekspor produk hortikultura berkualitas tinggi ke berbagai negara. Selama kunjungan, tim Kebun Alpukat Superavo memaparkan berbagai metode modern yang digunakan dalam pemeliharaan tanaman, pengaturan pengairan menggunakan 12 kolam dan pengendalian OPT dilakukan menggunakan sistem monitoring dan pemantauan rutin yang dilakukan oleh petugas dan dimasukkan ke sistem aplikasi, serta manajemen air yang efisien.
Kebun dengan pengelolaannya sudah menerapkan sistem digital berbasis IoT sehingga seluruh komponen tersistem dan terintegrasi.

“Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kebun Alpukat Superavo dalam mengembangkan varietas unggul alpukat, dengan total ada 15 varietas alpukat telah berhasil dikembangkan di sini, langkah seperti ini sangat penting dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian kita” ujar Prihasto.
“Ini juga sebagai gambaran bagi para pelaku usaha yang ikut serta melihat potensi pengembangan buah di dalam negeri yang telah mampu bersaing dengan pasar luar negeri, bahkan di sini telah melakukan pendataan produk sehingga bisa dilakukan ketertelusuran produk tersebut berasal dari kebun blok mana dan ini dilakukan secara digital”, imbuhnya. Ketertelusuran tersebut sebagai jaminan produk yang dihasilkan dari kebun yang telah melakukan budi daya yang baik. Hebatnya lagi, sistem ketertelusuran ini dapat diakses oleh konsumen sehingga menambah kepercayaan pasar pada alpokat Supernova.

Kunjungan ini diakhiri dengan harapan bersama untuk terus meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta dalam mendorong pertumbuhan sektor hortikultura di Indonesia.

Read Previous

WASPADA WERENG, KEMENTAN SIGAP LAKUKAN PENGENDALIAN DI BANTEN

Read Next

SINERGI BERBAGAI PIHAK DALAM MENGATASI HAMA BELALANG KEMBARA MELALUI MAPPING DAN PENGENDALIAN DI PULAU SUMBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *