• April 25, 2024

Kementan Lanjutkan Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Ha di Magetan

Magetan, Sejumlah wilayah di Indonesia, tengah memasuki masa panen raya, tidak terkecuali Kabupaten Magetan Sebagai salah satu wilayah sentra produksi padi di Jawa Timur. Panen ini merupakan gerak cepat Kementerian Pertanian bersinergi dengan pemerintah daerah memastikan produksi beras nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan kebutuhan beras secara nasional dalam posisi aman. Kepastian ini menurut Mentan terjadi usai panen raya petani di seluruh Indonesia.

“Panen Raya seluruh Indonesia hari ini secara masif telah dimulai oleh bapak presiden. Dan data yang paling tinggi akan masuk pada April mendatang. Kita berharap kurang lebih 10 juta hektar penanaman itu secara serentak akan kita panen bersama dalam waktu yang sangat singkat ini. Kita juga sudah validasi datanya melalui data BPS, kemudian satelit, laporan daerah dan tinjauan langsung di lapangan,” Ujarnya.

Salah satunya panen raya 1 juta Ha di seluruh Indonesia yang dilaksanakan di hamparan sawah Gabungan Kelompok Tani (GAPOKAN) Mekartani, Desa Sambirembe, Kecamatan Karangrejo dipimpin Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si, Jumat (10/3/23)

Jika dihitung perkembangan luas panen mulai januari-april yaitu 23.510 hektar dan untuk bulan maret 14.657 hekar dengan rata-rata produksi di Magetan 1 hektar mencapai 7,5 ton.

Ditempat yang sama Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan rasa terimakasih kepada gapoktan yang telah memplopori pengiriman ke Bulog.

“Saya menyampaikan rasa terimakasih kepada gapoktan, harapan saya dalam kegiatan ini petani ikut melestarikan sawah serta produksi terus ditingkatkan dan dengan adanya bantuan teknologi seperti combine, drone dan mesin traktor nantinya petani akan semakin mudah, cepat dan juga bertransformasi nilai. Ujar Suparwoto

Read Previous

Kementan Lanjutkan Gerakan Panen Padi 1 Juta Ha di Magetan

Read Next

Kementan Lanjutkan Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Ha di Magetan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *