• July 14, 2024

Kementan Tanam Perdana Padi Gogo di Musi Rawas Sumatera Selatan

Palembang – Mendukung program dan kebijakan pengembangan padi gogo di areal perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melakukan Kick Off Penanaman Perdana Padi Gogo di Kabupaten Musi Rawas. Penanaman dilakukan di lahan perkebunan sawit rakyat (PSR) KUD Sari Subur di Desa Tegal Sari, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

Kick Off Penanaman Perdana Padi Gogo ini merupakan salah satu bentuk optimalisasi lahan. Program ini sedang digencarkan oleh Kementan dalam rangka mencapai kemandirian pangan dan mengurangi ketergantungan pada impor.

“Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menugaskan seluruh jajaran Kementan terus mengoptimalkan segala potensi lahan yang ada demi memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia, salah satunya adalah memaksimalkan potensi lahan perkebunan hasil peremajaan sawit rakyat.,” ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Bambang Sugiharto, melalui keterangan pers yang diterima redaksi pada Rabu, 27 Maret 2024.

Pemerintah pusat dan daerah diharapkan untuk terus mendorong dan mengembangkan penanaman padi gogo di sela-sela lahan non sawah di Sumatera Selatan. Padi gogo sendiri adalah jenis padi yang tidak ditanam di sawah seperti pada umumnya. Padi gogo ditanam di kebun atau di ladang. Kelebihan padi gogo adalah tidak memerlukan irigasi khusus dan biasanya dikembangkan di daerah tadah hujan.

Bambang menyampaikan saat ini terdapat potensi lahan perkebunan untuk padi gogo seluas 1.260 hektare. Sementara potensi padi sawah seluas 13.327 hektare.

“Petani sudah bersedia untuk mengikuti program ini. Mereka mengharapkan agar dapat segera mendapat kiriman benih padi gogo dan saprodi (sarana prasarana produksi.red) lainnya selagi masih terdapat curah hujan,” lanjut Bambang.

Kementan telah melaksanakan Kick Off Tanam Perdana Padi Gogo di Musi Rawas pada 21 Maret 2024 lalu. Selain dihadiri Bambang selaku koordinator luas tambah tanam (LTT) Kabupaten Musi Rawas, kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas.

“Jika kolaborasi dari program ini berhasil, maka diharapkan dapat meningkatkan jumlah produksi padi di Sumatera Selatan,” tutupnya.

Read Previous

Irjen Kementan Jebolan KPK Naik Pangkat Bintang Tiga

Read Next

5 Bulan Jadi Menteri, Totalitas Perjuangan Mentan Amran Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *