• July 14, 2024

Khasiat Kacang Hijau, Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

VMNmedia.id – Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Kacang hijau dikemas dengan nutrisi yang sehat. Dalam kacang hijau terkandung banyak vitamin dan mineral.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau adalah kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, folat, mangan, magnesium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, fosfor, zat besi, tembaga, kalium, zinc, dan selenium.

Khasiat kacang hijau Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 khasiat kacang hijau untuk kesehatan:

  • Kacang Hijau Kaya Akan Antioksidan

Kacang hijau kaya akan antioksidan Kacang hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan sebagainya. Antioksidan tersebut dapat membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas.

Studi tabung menemukan, antioksidan dalam kacang hijau dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

  • Kacang hijau dapat mencegah heat stroke

Di banyak negara Asia, sup kacang hijau biasanya dikonsumsi pada saat musim panas. Ini karena kacang hijau dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melindungi dari heat stroke atau serangan panas. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin. Penelitian pada hewan menunjukkan, antioksidan dalam sup kacang hijau dapat membantu mempertahankan sel dari cedera akibat radikal bebas yang terbentuk selama heat stroke.

  • Kacang hijau dapat menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan, kacang hijau memiliki sifat yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kolesterol jahat dan melindungi partikel kolesterol dari interaksi dengan radikal bebas.

  • Kacang hijau dapat membantu kesehatan pencernaan

Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk 202 gram kacang hijau yang dimasak, terdapat 15,4 gram serat. Secara khusus, kacang hijau mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

  • Kacang hijau dapat menurunkan tekanan darah

Kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan potasium, magnesium, dan seratnya. Penelitian telah mengaitkan masing-masing nutrisi tersebut dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah. Selain itu, analisis dari delapan penelitian menunjukkan, asupan kacang-kacangan yang lebih tinggi dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.

Read Previous

Cara Simpan Talas Agar Tidak Mudah Rusak

Read Next

Lobak, Sayuran Sederhana Kaya Nutrisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *