• June 14, 2024

Korban Jiwa Melonjak Tajam Pasca Gempa Turki

VMNmedia.id – Gempa Turki 6 Februari 2023 tengah jadi sorotan, pasalnya jumlah korban jiwa melonjak cukup tajam dalam hitungan jam. Pemerintah Turki pun masih terus mencari korban selamat, luka, dan tewas akibat bencana gempa ganda yang terjadi hingga kini, ribuan orang dinyatakan tewas usai tertimpa runtuhan bangunan akibat gempa.

Seperti diketahui, lokasi Turki memang rawan gempa karena berada di lempeng Anatolia. Korban jiwa di Turki pun sangat tinggi dikarenakan pusat gempa berada di tempat yang padat penduduk, yaitu dekat ibu kota provinsi Gaziantep. 

Gempa dengan magnitudo 7,7 melanda Turki hingga Suriah. Guncangan ini juga terasa sampai Lebanon, Mesir, Siprus, Israel, dan Irak.

Dilansir AFP, Rabu (8/2/2023) jumlah korban tewas gempa Turki mencapai 7.926 orang. Total tersebut terdiri dari 2.032 korban meninggal di Suriah dan 5.894 warga Turki yang juga tewas akibat gempa bumi.

Cuaca musim dingin yang ekstrem juga menghambat upaya penyelamatan dan pengiriman bantuan. Kondisi ini membuat keadaan korban gempa semakin kesulitan. Menteri Dalam Negeri Turki “Suleyman Soylu” memperingatkan bahwa 48 jam ke depan akan menjadi ‘momentum kritis’ dalam pencarian korban. Hal itu dikarenakan suhu hampir di atas titik beku.

Read Previous

Dukung Ketahanan Pangan Lewat Ngobras Penyuluhan Kementan Masifkan Program – program Utama

Read Next

Apa Ubi Jalar Aman Dikonsumsi Mentah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *