• April 25, 2024

Luhut Mengajak Masyarakat Mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Secara Gratis

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat merasakan Kereta Cepat Bebas Jakarta-Bandung (KCJB) yang akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungan dan keterlibatan masyarakat sekitar terhadap proses pembangunan sampai fase uji coba KCJB, serta upaya memenuhi rasa penasaran masyarakat terhadap kereta cepat, kami akan mengajak mereka baik yang tinggal di sekitar trase KCJB, maupun masyarakat umum untuk mencoba sensasi dan pengalaman naik kereta cepat tanpa dipungut biaya alias gratis dalam waktu dekat ini,” katanya dikutip dari akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, Kamis (7/9/2023).

Luhut menambahkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini hampir siap untuk uji publik perdana. Meski banyak keraguan selama pembangunannya.

“Namun saya menganggap bahwa proyek kolaborasi ini sebuah pencapaian luar biasa. Berbagai macam pengalaman, proses, dan pembelajaran untuk mewujudkan harapan yang besar, telah ditorehkan oleh bangsa ini. Dan bagi saya pribadi, sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri karena pernah menjadi bagian dari proses mewujudkannya,” ungkapnya.

Sebelum masyarakat bisa merasakan kereta cepat Jakarta-Bandung, Luhut kembali menjajal moda transportasi tersebut pada Rabu (9 Juni 2023) bersama Perdana Menteri China Li Qiang.

“Masih dalam momen gelaran KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, hari ini saya berada di Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim untuk meninjau sekaligus melakukan uji coba terakhir kereta cepat. Saya hadir secara langsung untuk mendampingi Perdana Menteri Tiongkok HE Li Qiang yang menyempatkan waktu di sela-sela kegiatan KTT ASEAN tahun ini, kami bersama menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim menuju Stasiun Karawang,” jelasnya.

Setelah penantian selama 15 tahun sejak diluncurkan pada tahun 2008, masyarakat akan segera merasakan kehadiran kereta berkecepatan 350 km/jam ini.

“Dengan catatan speed tersebut menjadikan KCJB sebagai kereta api cepat pertama di Asia Tenggara. Bahkan menurut data International Union of Railway hingga tahun 2022 hanya 20 negara saja yang memiliki layanan kereta cepat dan Indonesia akan menjadi salah satunya bagiannya,” kata Luhut.

Kereta peluru akan beroperasi pada 1 Oktober
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa beroperasi komersial pada 1 Oktober 2023.

Namun, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, tanggal pelaksanaan operasi ini bisa berubah karena Kementerian Perhubungan perlu memverifikasi kesiapan KCJB sebelum dioperasikan.

“Direncanakan memang 1 Oktober, namun sekali lagi kita harus uji untuk pastikan semua aspek terpenuhi. Sama sepeti LRT kan, itu kita menetapkan tanggal terus kita lihat kok rasanya persiapan harus lebih lama, bisa jadi juga demikan. Tapi sementara ini rencananya (1 Oktober),” ujar Adita di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Sebelum beroperasi penuh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menjalani uji operasi terbatas sehingga masyarakat bisa mencobanya secara cuma-cuma atau gratis.

“(Uji coba untuk umum) tentu nanti sekitar September ya. Tentu kalau asumsinya kita Oktober, mungkin minggu terakhir September itu bisa,” ucapnya.

Read Previous

Putri Ariani Lolos ke Babak Final America’s Got Talent 2023

Read Next

India Bakal Mengubah Nama Negaranya, Inilah Namanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *