• February 29, 2024

Manfaat Kedelai Edamame untuk Kesehatan Tubuh

VMNmedia.id – Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah ditemui di penjuru dunia, khususnya di Asia. Salah satu yang paling populer ialah kedelai edamame.

Kedelai khas Jepang ini rupanya menjadi daya tarik sebagian pemerhati gizi. Ini tak jauh dari berbagai manfaat yang dihasilkannya.

Kedelai edamame ternyata kaya akan kandungan nutrisi, mulai dari vitamin A, C, K, isoflavon, serat tinggi, zat besi, zat tembaga, dan zat lainnya.

Selain itu berikut beberapa manfaat kedelai edamame bagi kesehatan tubuh yang perlu kalian ketahui, di antaranya:

1. Mencegah kanker payudara

Manfaat kedelai edamame yang pertama ialah mencegah kanker payudara. Mengonsumsi kedelai edamame ternyata mampu menghambat berkembangnya sel-sel ganas seperti kanker dan tumor.

Isoflavon ialah senyawa yang berkenaan dengan estrogen, yakni hormon kewanitaan yang berkaitan dengan sel kanker payudara.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kedelai edamame yang ketiga dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Kedelai edamame mengandung kaya akan vitamin K, protein, antioksidan, dan serat.

Beberapa kandungan baik itulah yang mampu menjaga tubuh supaya terhindar dari bermacam penyakit, termasuk komplikasi akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat kedelai edamame yang keempat dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Kanker prostat termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang pria.

Ternyata, risikonya bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi edamame. Penyakit ini menyerang kelenjar prostat pada pria, yang ditandai dengan gangguan ketika kencing.