• June 14, 2024

Mentan SYL Launching Jagung Jago Hasil Kolaborasi Unhas-Kementan

MAKASSAR – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau sekaligus melaunching program varietas jagung Jago hasil kolaborasi antara Kementerian Pertanian dan Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam memenuhi kebutuhan jagung nasional.

Menurut SYL, benih jagung Jago ini diperkirakan mampu berproduksi hingga kurang lebih 7 ton per hektare. Angka panen tersebut bisa bertambah menjadi 9 ton per hektare apabila peralatan dan intervensi teknologi digunakan secara baik.

“Fokus kita selain beras adalah jagung. Dan kita tahu, jagung ini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti dijadikan makanan ternak, makanan manusia, pupuk, minyak, gula, tepung dan lain sebagainya. Jadi saya minta ini dikembangkan terus,” ujar SYL di area perkebunan jagung Unhas, Sabtu, 9 September 2023.

Secara fisik, kata SYL, varietas jagung jago Unhas ini memiliki butiran yang padat dan bentuk yang gemuk. Kondisi ini diperkaya dengan batang pohon yang sehat dan tumbuh dengan baik. Karena itu, SYL yakin jagung Unhas mampu menjadi unggulan baru bagi ketersediaan nasional.

“Buahnya padat dan gemuk. Ketebalannya juga oke dan saya yakin bila ditanam di tempat yang bagus produktivitasnya bisa mencapai 9 ton,” katanya.

SYL menambahkan, jagung Jago Unhas ini bisa ditanam dimana saja baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Jagung ini bahkan bisa menjadi opsi kebutuhan jagung masa depan terutama dalam memenuhi ketersediaan dalam negeri.

“Jagung ini sangat bisa ditanam dimana saja. Dan hari ini Unhas tentu dengan backup kita melaunching varietas jagung unggul. Varietas jagung ini diyakinkan punya produksi atau produktivitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan kualitas lain,” jelasnya.

Read Previous

Produksi dan Konsumsi Seimbang, Harga Bawang dan Cabai Saat Ini Stabil di Kisaran Rp20.000-an

Read Next

PEMANTAUAN SEBAGAI SALAH SATU UPAYA ANTISIPASI KEKERINGAN DI KECAMATAN BELITANG JAYA KABUPATEN OKU TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *