• June 20, 2024

Menteri Pertanian Tinjau Lokasi Kegiatan Penas KTNA XVI di Sumbar

Padang-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus meninjau persiapan Pekan Nasional (Penas) XVI hari ini, 30/5/2023.

Kunjungan SYL ini ingin memastikan kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah Penas, Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI Tahun 2023 yang akan digelar 10-15 Juni 2023 mendatang.

Mentan SYL dan rombongan tiba sekira pukul 09:30 WIB di Kawasan Landasan Udara (Lanud) Tabing, di dampingi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, selain itu ada Wali Kota Padang Hendri Septa, dan beserta Rombongan Kementerian Pertanian (Kementan).

Diketahui, Penas KTNA XVI di Padang rencananya juga akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi untuk membuka acara tersebut.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani menyebut sebagai tuan rumah, Pemko Padang menyiapkan penginapan bagi peserta Penas Tani nanti.

Menurutnya, setidaknya pemondokan sudah disiapkan untuk 35 Ribu peserta. Pemondokan ini berada di rumah-rumah warga yang berada di tiga kecamatan, Koto Tangah, Kuranji, dan Nanggalo.

Hingga saat ini, sebanyak 11.000 peserta sudah mendaftar akan menggunakan pemondokan untuk menginap selama kegiatan. “Yang sudah mendaftar untuk nginap di rumah penduduk kurang lebih 11.000, kemudian ada juga yang di hotel-hotel sekitar 2.000,” kata Yoice Yuliani.

Seperti di ketahui, kegiatan ini akan dipusatkan di kawasan Lanud Sutan Syahril Kota Padang.

Mentan SYL mengatakan “Kami siap untuk Penas bulan juni nanti”.

Gelar percontohan pengembangan komoditi pertanian dan berbagai antisipasi dalam menghadapi EL Nino, seperti : benih-benih unggul, teknik menanam, dan menggunakan pupuk organik atau menggunakan elisitor biosaka, tambah Mentan SYL dalam menunjau langsung percontohan lahan kedelai Aneka Kacang dan Umbi.

Read Previous

Menteri Pertanian Tinjau Persiapan Pelaksanaan Penas di Padang

Read Next

Menteri Pertanian Tinjau Percontohan Aneka Kacang dan Umbi di Penas Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *