• June 14, 2024

Peran Penting PAFI Bangka Tengah diantara Kesejahteraan Ahli Farmasi dan Kesehatan Masyarakat

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan wadah yang menaungi para ahli farmasi di indonesia, yang eksistensinya telah dimulai sejak kemerdekaan Indonesia. Sejak awal berdirinya, PAFI telah memainkan peran krusial dalam memajukan bidang farmasi dan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dengan berbagai program dan kegiatan, PAFI berusaha memastikan bahwa layanan farmasi di Indonesia terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Salah satu cabang PAFI yang aktif dan berpengaruh adalah PAFI Bangka Tengah. Cabang ini menunjukkan komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas layanan farmasi melalui berbagai kegiatan edukatif dan sosial.

Dengan adanya pelatihan, workshop, dan kegiatan masyarakat lainnya, PAFI Bangka Tengah secara konsisten berupaya memperbarui pengetahuan anggotanya agar selalu dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi teknis para apoteker, tetapi juga untuk mempererat kerjasama antara anggota dan pihak terkait lainnya.

PAFI Bangka Tengah juga menggelar kongres nasional dan konferensi ilmiah secara rutin. Acara-acara ini menjadi platform penting bagi para ahli farmasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Partisipasi pakar farmasi dari dalam dan luar negeri dalam acara-acara ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperoleh wawasan yang luas dan mendalam. Pertemuan semacam ini tidak hanya meningkatkan kemampuan profesional anggota PAFI tetapi juga memperkuat jaringan kerjasama internasional yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi dalam bidang farmasi.

Selain itu, PAFI Bangka Tengah juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Misalnya, mereka mengadakan kampanye kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan penyuluhan tentang penggunaan obat yang tepat. Kegiatan-kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan peran farmasi dalam menjaga kesehatan tersebut.

Dengan dedikasi dan komitmen yang kuat, PAFI Bangka Tengah terus berusaha menjadi garda terdepan dalam memajukan ilmu farmasi dan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Melalui berbagai inisiatif dan program yang mereka jalankan, PAFI Bangka Tengah tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan farmasi tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. Organisasi ini menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara profesional kesehatan dan masyarakat dapat membawa perubahan positif yang signifikan.

Sejarah Singkat PAFI

Dikutip dari website resmi PAFI Bangka Tengah, https://pafibangkatengah.org/, Ahli Farmasi Indonesia ada sejak di Proklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara.

Namun secara formal, barulah pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuk suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI.

PAFI Bangka Tengah beralamat kantor di:

Jl. Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Email: admin.pafibangkatengah@gmail.com
Telp: +685031903927

Read Previous

Mentan Amran Lepas Ribuan Mahasiswa Polbangtan, Kawal Program Pertanian

Read Next

Indonesia Tangguh! Mentan dan TNI Panen Bawang Merah, Benteng Pangan Nasional di Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *