• June 14, 2024

Produksi dan Konsumsi Seimbang, Harga Bawang dan Cabai Saat Ini Stabil di Kisaran Rp20.000-an

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto melakukan kunjungan ke Pasar Setono Betek di Kediri, Jawa Timur pada Sabtu (9/9). Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek langsung kondisi harga bawang, aneka cabai, dan sayuran di pasaran.

Berdasarkan hasil kunjungan, harga bawang, aneka cabai, dan sayuran saat ini cenderung stabil. Menurut Prihasto, ini menunjukkan adanya keseimbangan antara produksi dan konsumsi masyarakat.

“Bawang, cabai, kentang, wortel, dan beberapa sayuran lain saat ini harganya berangsur membaik dan stabil, ya. Ini menunjukkan bahwa antara produksi dan konsumsi masyarakat masih seimbang. Jadi, aman lah,” ujar Prihasto.

Di Pasar Setono Betek, harga bawang merah berada di kisaran harga Rp18.000 per kilogram. Menurut salah seorang pedagang, Riatun, harga ini sudah membaik. Sebelumnya, harga bawang merah sempat anjlok.

“Sempat Rp8.000 sekilo. Trus Rp12.000. Alhamdulillah sekarang sudah Rp18.000. Naik sedikit-sedikit. Sudah membaik,” ungkap Riatun.

Sementara itu, dari hasil pantauan, untuk harga aneka cabai, terjadi penurunan. Namun, penurunan harga tersebut masih terbilang aman.

“Cabai merah besar sebelumnya Rp30.000, sekarang Rp26.000. Cabai rawit merah biasanya Rp28.000, saat ini harganya Rp24.000. Kemudian untuk cabai merah keriting, harga di pasaran berkisar Rp20.000,” ujar Sujono, salah satu pedagang.

Sujono menambahkan, selain cabai, sayuran lain harganya tidak ada perubahan. Seperti wortel yang dijualnya saat ini harganya stabil di Rp12.000 per kilogram.

Read Previous

Kolaborasi Alumni UB dan Kementan Gencarkan Penanaman Buah Unggul Tropis

Read Next

Mentan SYL Launching Jagung Jago Hasil Kolaborasi Unhas-Kementan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *