• June 14, 2024

Turunkan Risiko Penyakit Diabetes Hingga Kecerahan Kulit Dengan Konsumsi Bengkuang

Bengkuang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mudah ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Memiliki nama latin Pachyrrhizus erosus, bengkuang dapat tumbuh baik di daerah tropis dan juga tumbuh di daerah tanah yang tidak berawa.

Di Indonesia, bengkuang sering kali menjadi salah satu bahan dalam masakan hingga menu rujak. Rasanya yang nikmat dan segar menjadikan bengkuang sebagai salah satu makanan favorit masyarakat.

Bengkuang ternyata juga memiliki beragam kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat baik bagi tubuh kita. Tumbuhan ini mengandung karbohidrat, serat makanan, sekitar 80-90 persen air, dan sejumlah protein hingga lipid.

Bengkuang juga mengandung gizi penting lainnya, yaitu fitonutrien (phytonutrient). Fitonutrien diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat positif yang didapat tubuh ketika saat mengonsumsi bengkuang :

  • Efektif Bantu Turunkan Risiko Diabetes

Bengkuang kaya akan inulin, yaitu serat yang mampu mengurangi kadar glukosa dalam darah. Bengkuang juga memiliki indeks glikemik rendah menjadikannya pilihan tepat bagi seseorang yang berjuang untuk menyeimbangkan gula darah.

  • Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam bengkuang dapat membantu proses pencernaan yang berlangsung dalam tubuh. Bengkuang mampu mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti sembelit dan wasir.

  • Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bengkoang diketahui memiliki zat yang bernama Inulin. Pada penelitian yang dilakukan dalam sel manusia, metabolit turunan inulin menghambat pertumbuhan sel tumor dan mengurangi faktor risiko kanker lainnya. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal tersebut.

  • Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Bengkuang mengandung vitamin C, antioksidan yang dapat meningkatkan Kesehatan kulit dan rambut saat dikonsumsi tubuh. Diketahui bahwa vitamin C dapat memperlambat penuaan dini, mengurangi kerontokan rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Read Previous

Kadistan Bekasi : Kementan SIGAP Atasi Dampak Banjir

Read Next

Bantuan Benih Kementan Mulai Diterima, Ketua KTNA Desa Sukakarya: Bagus dan Berkulitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *