• May 22, 2024

Bangkit Kedelai di Kabupaten Pandeglang Bersama APDESI

PANDEGLANG, BANTEN,VMNmedia.id – Semangat petani Pandeglang untuk menanam kedelai terus terpacu hal ini dibuktikan dengan kehadiran mereka dalam acara Bimtek sosialisasi pengembangan kawasan kedelai yang dilaksanakan di Kecamatan Angsana Pandeglang, Banten, Selasa (7/3/23)

Acara sosialisasi pengembangan kedelai di Kabupaten Padeglang ini dihadiri oleh Yuris Tiyanto selalu Direktur Aneka Kacang dan Umbi Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Arif Rahman Tim Ahli Wakil Presiden RI, Anggota DPRD Pandeglang, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pandeglang, Wakil Dinas Provinsi Banten, Ketua APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kecamatan Angsana serta 35 ketua kelompok tani yang akan mengembangkan kedelai di Kecamatan Angsana.

Dalam sambutanya Yuris menyampaikan pentingnya untuk menanam kedelai ” Negara kita masih kekurangan kedelai, salah satunya harus digenjot dengan menanam kedelai yang melibatkan peranan APDESI sangat tepat, mengingat peranannya sangat strategis yang langsung bersentuhan dengan petani atau kelompok tani yang ada di desa ” tegas Yuris. Selain itu potensi lahan di Kabupaten Pandeglang tersedia cukup luas dan harga kedelai saat ini sangat menguntungkan bagi petani.

Pelaksanaan sosialisasi pengembangan kedelai di Kecamatan Angsana Pandeglang Banten ini disambut baik oleh Samsuddin selaku Ketua APDESI Kecamatan Angsana bahwa kegiatan ini dapat menambah penghasilan bagi petani yg selama ini lahan di “berokan” setelah panen padi.

Seiring dengan hal itu pengembangan kedelai harus ditangani dari hulu sampai hilir agar petani ada kepastian harga jual ditingkat petani dan penanganan pasca panen untuk menjamin mutu yang baik, hal tersebut disampaikan H. Arif Rahman selaku Tim Ahli Wakil Presiden RI. Dan pada acara yang sama dilakukan pemberian bantuan benih kedelai kepada perwakilan kelompok tani yang di berikan langsung oleh H. Arif Rahman selaku Tim Ahli Wapres dan didampingi Direktur Akabi, sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada petani kedelai.

Untuk membangkitkan semangat petani menanam kedelai di Kab Pandeglang harus disiapkan dan ditumbuhkan penangkaran kedelai insitu yaitu benih diproduksi di Kabupaten Pandeglang sendiri. Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang siap mesukseskan taget tanam kedelai seluas 10 rb hektar, hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kab Pandeglang M. Nasir.

Dalam acara tersebut Aep selaku Ketua Koordinator Penyuluh Kecamatan Angsana, juga menyampaikan bahwa di Kecamatan Angsana ini terdiri dari dua kategori lahan, yaitu lahan sawah seluas 2.255 hektar dan untuk lahan darat seluas 2.000 hektar. ” Dengan adanya luas lahan tersebut akan menjadi potensi untuk dimanfaatkan sebagai kawasan pengembangan kedelai” kata Aep.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengapresisasi kegiatan ini, ia berharap pengembangan kedelai dapat di masifkan ke semua daerah di indonesia sehingga kebutuhan kedelai dapat terpenuhi dari produksi dalam negeri tentunya perlu dukungan dari semua pihak baik daerah maupun pusat terutama petani sendiri.

“Sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di tengah Krisis Pangan Dunia beberapa negara sudah menyetop eskpor pangannya termasuk komoditi kedelai, ”Untuk mengatasi itu tidak ada cara lain selain kita harus mengembangkan komoditi kedelai dalam negeri sehingga kebutuhan kedelai dalam negeri bisa kita penuhi sendiri. Dan ini merupakan peluang bagi petani karena kedelai sekarang memiliki nilai jual yang bagus, jadi petani tak perlu lagi ragu untuk menanam kedelai”, Ujar Suwandi.

Bangkit Kedelai

Bangkit Bangsaku

Direktorat Aneka Kacang dan Umbi

Read Previous

Mentan SYL bersama PJ Gub DKI Sidak Pasar Kramatjati, Pastikan Bawang dan Cabai Aman

Read Next

Kreatif, Kelompok Wanita Tani di Takalar Olah Limbah Serbuk Gergaji Jadi Sumber Penghasilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *