• June 20, 2024

BRI Siapkan Pendanaan Startup Sektor Pertanian

JAKARTA — Pemerintah menyediakan pendanaan bagi startup dan unicorn karya anak bangsa pada tiga BUMN yakni PT Telkom Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan BRI Ventures. Salah satu BUMN yang ditunjuk, BRI Ventures.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Aestika Oryza Gunarto mengatakan perseroan mendukung pengembangan perusahaan rintisan lokal melalui pembiayaan khusus. “Dalam dua tahun terakhir, BRI melalui BRI Ventures telah memberikan investasi kepada belasan perusahaan rintisan (startup) dari berbagai sektor usaha dan seri pendanaan,” ujarnya ketika dihubungi Republika, Ahad (24/10).

Menurutnya melalui hasil investasi tersebut, telah tercipta beberapa hasil kerja sama strategis yang memberikan dampak langsung kepada BRI semisal kerja sama BRI dengan Tani Hub untuk menyalurkan kredit modal kerja bagi sektor pertanian dan UMKM hingga Rp 200 miliar melalui TaniFund.

Selain itu, telah terjadi juga kolaborasi antara Tani Hub dengan BRI Agro selaku digital attacker BRI yang dikemas dalam program bernama Indonesia Tani. “Tujuan utama dari program ini untuk memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian, dan memperbaiki masalah supply chain industri pertanian dengan pendekatan digital,” ucapnya.

Read Previous

Kenapa Pakistan dan Taliban Saling Bersitegang?

Read Next

BKPM Ajak Foxconn Kolaborasi dengan Perusahaan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *