• April 25, 2024

BRIN Temukan Katak Oreophryne Jenis Baru di Sulawesi

Tim Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah menemukan katak Oreophryne jenis baru endemik yang ada di Sulawesi.

Katak yang memiliki warna cokelat tersebut ditemukan pada serasah daun hutan pegunungan di Gunung Mekongga, Sulawesi Tenggara, pada ketinggian 2.528 mdpl.

Penemuan katak jenis baru ini telah dianalisis morfologi dan filogenetik oleh tim herpetologi Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi (PRBE) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Mereka merupakan Auni Ade Putri, Wahyu Trilaksono, Hellen Kurniati, Amir Hamidy, dan tim Institut Pertanian Bogor, University of California, dan Zoological Community of Celebes Sulawesi Tengah.

Auni yang merupakan salah satu penemu katak Oreophryne riyantoi menjelas bagaimana asal usul dari nama katak “riyantoi” tersebut. Mereka mendedikasikan nama tersebut untuk Awal Riyanto. Ia adalah peneliti senior yang saat ini aktif meneliti di PRBE BRIN. 

“Apresiasi tersebut kami berikan sebagai bentuk pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam bidang taksonomi dan konservasi herpetofauna di Sulawesi,” ungkap Auni.

Read Previous

Saptoyogo, Atlet Peraih Medali Emas Pertama Untuk Indonesia di Asian Para Games 2023

Read Next

Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 11 Ribu Sehari, Pengamat MTI Ungkap Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *