• June 21, 2024

Dukung Peningkatan Produksi Nasional, Bengkulu Lakukan Gerakan Tanam Kedelai

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, bersama TPHP Provinsi Bengkulu melakukan gerakan tanam kedelai dalam rangka Peningkatan Produksi Kedelai Nasional, di Kelompok Tani Cahaya Bunda, Tani Desa Air Keruh, Kecamatan Ulu Talo, Bengkulu, Kamis (14/09/23).

Untuk mendukung pengembangan Kedelai, Kabupaten Seluma mendapat alokasi bantuan pemerintah seluas 275 ha dan Kabupaten Kaur mendapat alokasi kegiatan 615 ha. Kegiatan gerakan tanam ini diharapkan mampu memacu motivasi untuk lebih mengembangkan budidaya kedelai secara lebih luas, dan berkontribusi terhadap produksi Kedelai Nasional khususnya di Provinsi Bengkulu.

Rosmala Dewi SP Plt Kadis TPHP “menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan pemerintah pusat untuk menggiatkan kembali usaha tani kedelai yang mendukung ketersediaan kedelai di provinsi Bengkulu”, ucapnya di lokasi tersebut.

Secara terpisah, Direktur Akabi, Enie Tauruslina menjelasakan “kedelai ini memang kita khususkan daerah-daerah yang memang sebelumnya sentra kedelai, kita masive kan kembali untuk kegiatan budidaya kedelai, jadi harapan dari Kementan maupun Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bisa bertanam kedelai seperti sebelumnya.” jelasnya.

Sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, “Di tengah Krisis Pangan Dunia beberapa negara sudah menyetop eskpor pangannya termasuk komoditi kedelai, Untuk mengatasi itu tidak ada cara lain selain kita harus mengembangkan komoditi kedelai dalam negeri sehingga kebutuhan kedelai dalam negeri bisa kita penuhi sendiri. Dan ini merupakan peluang bagi petani karena kedelai sekarang memiliki nilai jual yang bagus, jadi petani tak perlu lagi ragu untuk menanam kedelai”, terangnya

Di tempat yang berbeda Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi “mengapresisasi kegiatan ini, ia berharap pengembangan kedelai dapat di masifkan ke semua daerah di indonesia sehingga kebutuhan kedelai dapat terpenuhi dari produksi dalam negeri tentunya perlu dukungan dari semua pihak baik daerah maupun pusat terutama petani sendiri”, ujar suwandi.

Lokasi kegiatan tanam kedelai Kabupaten Seluma dihadiri oleh PLt Kepala Dinas TPHP Provinsi, Pemda Kab Seluma, Kasi Produksi TP Dinas TPHP Provinsi, Pemda Kab Kaur, Kepala Dinas Pertanian, Kasi, penyuluh, Camat, Kades dan kelompok tani.

Read Previous

Mobil Listrik Fiat Resmi Dijual, Segini Harganya!

Read Next

Kementan Dorong Pemanfaatan Teknologi Nuklir Untuk Pemuliaan Padi Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *