• June 20, 2024

Ini Dia Cara Menyimpan Kacang Tanah Agar Tetap Segar

Kacang tanah tidak hanya sering dijadikan camilan, tapi juga diolah jadi aneka hidangan. Ada beberapa makanan khas Indonesia yang menggunakan kacang tanah sebagai salah satu bahannya, seperti sayur asem, pecel, sate, batagor, ketoprak, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menyimpan stok kacang tanah di rumah, kebanyakan orang membeli yang masih dalam kondisi segar agar lebih tahan lama saat disimpan. Kebanyakan menyimpan kacang tahan dengan langsung dimasukkan ke kulkas atau diletakkan begitu saja di suhu ruang. Padahal, jika disimpan secara asal, kacang tanah bisa cepat berjamur, berbau, bahkan membusuk dengan cepat.

Sebelum disimpan, kacang tanah harus dicuci bersih dahulu dengan air mengalir. Kamu bisa mencucinya beberapa kali untuk memastikan semua sisa kotoran yang menempel pada kulit kacang benar-benar hilang. Kemudian, tiriskan menggunakan wadah yang memiliki lubang-lubang agar air yang tersisa pada kacang tanah hilang. Tanpa perlu dijemur, tunggu kacang kering dengan sendirinya.

Jika sudah kering, kacang tanah bisa dikemas terlebih dahulu menggunakan toples tertutup maupun plastik. Kamu juga bisa menggunakan wadah lain, asalkan ditutup atau diikat sampai benar-benar rapat agar kacang tanah tetap segar. Kamu bagi kacang tanah menjadi beberapa bagian sesuai porsi yang diinginkan di tempat berbeda.

Read Previous

Mentan SYL dan Wamendag Panen Raya dan Lepas Pasokan Bawang Merah Ke Ibukota

Read Next

Komitmen Antara Pemerintah dan Petani, Amankan Pasokan Cabai dan Bawang Merah Hingga Lebaranokay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *