• June 20, 2024

Jagung Salah Satu Sumber Karbohidrat Yang Punya Cita Rasa Nikmat

VMNmedia.id – Jagung atau tanaman serealia yang cukup penting di Indonesia. Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat, dengan rasa manis dan lezat. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, jenis pangan ini kerap dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari yang bisa menggantikan nasi.

Selain rasanya yang nikmat, faktanya makanan ini juga memiliki nutrisi lengkap. Jagung diketahui juga kaya akan serat, mineral penting yang berupa kalium, zinc, magnesium, tembaga, folat, beragam vitamin seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, serta antioksidan seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein. Keragaman nutrisi yang terdapat pada buah ini membuatnya memberi manfaat melimpah bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam buah ini, juga dapat menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  • Menyehatkan Mata

Kandungan antioksidan berupa zeaxantin dan lutein, terbukti berperan dalam menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti katarak.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Makanan ini mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang terpenting adalah kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang, nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang retak karena pertambahan usia, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.

  • Melancarkan saluran pencernaan

Buah ini kaya akan serat baik, yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sehingga sangat cocok jika dikonsumsi untuk membantu meringankan dan mencegah sembelit.

  • Mengendalikan tekanan darah

Berkat kandungan mineral kalium dan magnesium serta antioksidan, membuat makanan ini bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, sehingga bisa mencegah penyakit darah tinggi.

  • Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dan vitamin C buah ini terbukti mampu menangkal efek radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit serta penuaan dini.

Namun perlu diingat untuk mendapatkan manfaat diatas, sebaiknya pilih jagung dengan kondisi yang baik. Jangan lupa juga untuk mencucinya hingga benar-benar bersih, untuk selanjutnya diolah dan dimasak sesuai dengan keinginan.

Satu hal lagi, jagung memiliki kadar  gula yang cukup tinggi, sehingga bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan, sebab dapat meningkatkan kadar gula darah.

Read Previous

Cikal Bakal Pemasok Tanaman Hias Ekspor, Kementan Dukung Pengembangan Green House

Read Next

Fenomena Jasa Titip Muncul Saat Minyak Goreng Langka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *