• June 14, 2024

Kementan Kukuhkan Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Periode 2023 – 2028

JAKARTA – Guna menindaklanjuti hasil Kongres PERHIPTANI Ke VIII di Padang Sumatera Barat dan terpilihnya Ketua Umum PERHIPTANI masa bakti 2023 – 2028 serta telah terbitnya Surat Keputusan Ketua Umum DPP PERHIPTANI Nomor 19/SK/DPP PERHIPTANI/VI/2023 tentang Struktur Organisasi Kepengurusan Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Periode 2023 – 2028, Kementerian Pertanian (Kementan) mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat PERHIPTANI masa bakti 2023-2028, Rabu (25/10/2023) di Auditorium Kantor Pusat Kementerian Pertanian.

PERHIPTANI atau Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia merupakan organisasi profesi penyuluh yang bersifat keilmuan, persaudaraan, kemasyarakatan, kemandirian dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik dengan tujuan untuk mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien, dan produktif serta dilaksanakan bersama pemerintah dan masyarakat.

Pengukuhan dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian yang mewakili Plt. Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan para perwakilan dari Eselon I dan II lingkup Kementan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa penyuluh pertanian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan iklim dan ancaman krisis pangan global dan bersinergi untuk menjalankan program antisipasi El Nino dan krisis pangan global.

Penyuluh pertanian adalah garda terdepan yang akan mentransformasikan inovasi dan teknologi kepada petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Apalagi saat ini kita sedang mengahadapi El Nino dan krisis pangan global, ujar Kabadan Dedi,

Dalam sambutannya Ketua Umum PERHIPTANI mengungkapkan bahwa peran penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian sangat penting dalam mendukung program pemerintah, sehingga sinergi dan koordinasi yang baik mutlak dibutuhkan. Karena penyuluh adalah garda terdepan yang akan mengawal pertanian.

Selain itu, PERHIPTANI juga mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode, dan manajemen penyuluhan pertanian melalui penyaluran aspirasi penyuluh pertanian, ungkapnya.

PERHIPTANI merupakan organisasi profesi yang bersifat keilmuan, keahlian, dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik. Kami mengajak kepada rekan-rekan penyuluh pertanian untuk lebih profesional dan mempersiapkan diri agar lebih baik lagi dengan menggunakan akal sehat agar tidak terjebak dalam hal-hal diluar tugas fungsinya selaku penyuluh pertanian, ujar Isran Noor.

“Penyuluh pertanian adalah agen perubahan”, tegasnya. Sebagai agen perubahan, maka tugas utama penyuluh pertanian adalah sebagai katalisator, pemberi jalan keluar, membantu petani untuk menolong dirinya sendiri dan penghubung terhadap sumber-sumber yang dibutuhkan petani karena sejak dulu para petani adalah pahlawan bangsa.

Diakhir sambutannya Isran Noor meminta agar organisasi PERHIPTANI harus dinaikkan martabat dan harkatnya supaya memiliki fungsi yang lebih baik lagi. Dukungan anggaran terhadap kegiatan penyuluhan pertanian juga harus semakin besar dan semua pengurus PERHIPTANI harus meningkatkan kualitasnya dan tidak harus menunggu perintah lagi.

Inspektur Jenderal Jan Samuel Maringka mengucapkan selamat kepada pengurus PERHIPTANI yang baru. “Kementan tidak akan bekerja sendiri tanpa bantuan dari para petani, KTNA, penyuluh-penyuluhnya melalui organisasi PERHIPTANI”, ujarnya.

Jan Samuel pun berharap agar anggaran pertanian tidak terjadi penurunan yang signifikan.

“Inilah saatnya para penyuluh pertanian untuk bersama-sama mencari para pemimpin yang berpihak kepada sektor pertanian agar tidak terjadi lagi penggerusan lahan-lahan pertanian”, ujarnya.

Infrastruktur harus tetap berjalan dan kebersihan terhadap pertanian harus diperhatikan lagi. Mari bersama-sama membangun pertanian demi menjaga ketahanan pangan dan mendukung kedaulatan pangan dengan “Jaga Pangan Jaga Masa Depan”, tutupnya. (NF)

Read Previous

Kementan Bersama Komisi IV DPR RI Dukung Produksi Singkong Sebagai Sumber Pangan Alternatif

Read Next

Grobogan Semangat Meningkatkan Produksi Kedelai Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *