• June 20, 2024

Mahasiswa Magister Manajemen Unpam Kerja Sama dengan UMKM gelar PKM di Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Kab. Bogor

Mahasiswa Magister Manajemen Unpam saat foto bersama usai kegiatan PKM di Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Kab. Bogor.

VMNmedia.id, Gunung Sindur – Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerja sama dengan UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Kab. Bogor.

Acara Puncak PKM dilaksanakan pada hari Minggu 14 November 2021 pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

PKM dilaksanakan oleh 25 mahasiswa magister manajemen. Hadir sebagai dosen pendamping PKM yaitu Dr. Ir. Sewaka M.M., Dr. Sugiyanto, S.E., MM., CMA, CFRM, Dr. Ir. Hj. Hamsinah, M.Si., Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M., Dr. I Nyoman Marayasa.

Sasaran PKM adalah para pelaku UMKM yang berada Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Kab. Bogor.dihadiri oleh 17 orang peserta.

PKM ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat di antaranya seluruh yang hadir memakai masker, cek suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Ketua Umum PKM, Ardian Nurrahman menyampaikan terima kasih kepada Kepala Program Studi Pascasarjana Manajemen Universitas Pamulang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Ir. Sewaka M.M. yang memberi dukungan baik dari sisi administrasi maupun arahan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Perum Griya Cendekia yang sudah memberikan izin pelaksanaan PKM dan memfasilitasi aula berikut perangkatnya untuk digunakan PKM,” katanya.

Ketua RW Perum Cendekia selaku Pembina UMKM, Bapak Ir. Sulhajji Jompa, M.Sc. menyampaikan bahwa pada Griya Cendekia merupakan kawasan perumahan yang dihuni warga yang cukup heterogen. Selama masa pandemi mayoritas penduduk Griya Cendekia kurang produktif, sehingga terdapat kebijakan RW berupa optimasi lahan yang tidak digunakan. Kebijakan ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk dimanfaatkan oleh warga dengan kegiatan produktif baik pertanian maupun peternakan. Kelompok UMKM Griya Cendekia saat ini memiliki sektor usaha yang cukup variatif meliputi sektor kuliner, kerajinan, dan budidaya tanaman. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyampaian informasi terkait kemampuan manajerial yang dilakukan mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas anggota UMKM Griya Cendekia.

Sementara itu Kepala Program Studi Pascasarjana Manajemen Universitas Pamulang, dalam hal ini diwakili oleh Dr. Ir. Sewaka M.M. menyampaikan bahwa UNPAM sebagai perguruan tinggi memiliki tugas utama yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Proses pengajaran bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga menghasilkan insan cerdas dan berakhlak mulia. Selain pengajaran UNPAM juga sadar akan tugas Pengabdian Kepada Masyarakat sehingga lembaga ini berupaya untuk memberi manfaat dengan penerapan ilmu yang diberikan berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada anggota UMKM Griya Cendekia dengan memberikan solusi persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan IPTEK yang menjadi solusi tepat dan sarana sharing knowledge.

Sementara Bapak Dr. Sugiyanto, S.E., MM., CMA, CFRM M.M. yang mewakili LPPM menyampaikan bahwa UNPAM merupakan Universitas yang paling banyak memiliki jumlah mahasiswa di lingkup Nasional. Dalam proses pengajaran mahasiswa UNPAM tergolong cukup produktif yakni terbukti telah diterbitkannya 90.000 jurnal. Adapun salah satu peneitian yang dihasilkan oleh mahasiswa UNPAM antara lain tirta sasmita, topchart (aplikasi yang telah digunakan di luar negeri), dan mitra kerja dengan institusi lain. Salah satu mitra kerja yakni dengan Pemerintah kota Tangerang Selatan berupa pelatihan tata rias, unimart (pemberdayaan implementasi riset dengan memfasilitasi UMKM dalam pendampingan pengelolaan produk), dan kerjasama pengolahan produk gandum.

Tema PKM adalah “Implementasi Peran Ilmu Manajemen dalam Pengembangan UMKM Griya Cendekia”.

Para peserta yang hadir sangat antusias mengikuti pemberian materi oleh para mahasiswa  magister manajemen dan memberikan apresiasi yang besar terhadap kegiatan tersebut.

Pada teknis pelaksanaannya,  dibagi ke dalam 5 kelompok yang memberikan pelatihan dengan judul yang berbeda sesuai dengan peminatan dan kebutuhan, terdiri dari:

  • Judul Kelompok Manajemen Keuangan : Implementasi Manajemen Keuangan dalam pengembangan UMKM di Desa Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor
  • Judul Kelompok Manajemen SDM : Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan kinerja pada UMKM di Desa Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor
  • Judul Kelompok Manajemen Pemasaran 1 : Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk meningkatkan hasil penjualan produk budidaya ikan Lele di Griya Cendikia, Desa Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor
  • Judul Kelompok Manajemen Pemasaran 2 : Pemanfaatan Media e-commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya di Griya Cendekia Desa Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor
  • Judul Kelompok Manajemen Pemasaran 3 : Sistem Pengawasan dan Evaluasi Produksi pada UMKM di Griya Cendekia Desa Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor

PKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen magister manajemen Universitas Pamulang tidak akan berhenti pada kegiatan ini saja. Namun akan terus berkomitmen melaksanakan kewajiban-kewajiban selaku warga kampus yang bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka mencerdaskan anak bangsa melalui transfer ilmu dan pengetahuan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Read Previous

Menteri Trenggono Akan Tingkatkan Produktivitas Rumput Laut NTT

Read Next

Gelaran ODICOFF Berhasil Jaring Mitra Baru, Indonesia Romania Teken Tujuh Kerjasama Perdagangan

One Comment

  • Posting yang bagus, saya telah membagikannya dengan teman-teman saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *