• June 14, 2024

Menerka Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo, Ada Nama Ridwan Kamil dan Mahfud MD

Desas-desus tentang pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 kian berhembus kencang. 

Terbaru, ada nama Ridwan Kamil dan Mahfud MD yang naik ke permukaan usai beberapa pertemuan yang dilakukan kedua belah pihak. 

Nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencuat usai ia mengaku sudah bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal ini lantas disambut dengan baik oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Ia juga tak menampik bahwa Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil jadi salah satu kandidat. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri. 

“Tapi nanti Bu Mega-lah yang melakukan, mengolah untuk menetapkan pendamping Ganjar Pranowo,” ucap Hasto Kristiyanto dilihat dari Kumparan, Rabu (12/9).

Lalu, Apa Kata Golkar?

sumber foto: @golkar.indonesia


Kang Emil saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Golkar dan berada langsung di bawah Ketua Umum Airlangga Hartarto. Ketua Dewan Pakar Golkar, Agung Laksono, mengatakan bahwa Ketum Golkar sudah mengetahui detail rencana tersebut. 

Beliau juga menyebut ini adalah sebuah penghormatan dan tidak ada yang bisa melarang. Sementara, sang Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa belum ada pembahasan sampai ke sana. 

“Belum dibahas”, kata Airlangga dilihat dari sumber yang sama. 

Airlangga juga mengatakan tidak ingin berkomentar banyak terkait bursa dan nasib Ridwan Kamil ke depan setelah lepas dari jabatan sebagai Gubernur Jawa Barat. Dan satu yang pasti, saat ini Golkar masih berada dalam satu koalisi yang sama dengan Prabowo. 

“Nanti akan ada pembiraan. Saat sekarang, Golkar konsentrasi pada Koalisi Indonesia Maju (KIM),” ucap Airlangga lebih jauh.

Peluang Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD

Selain nama Kang Emil, nama Menkopolhukam saat ini Mahfud MD juga menyeruak ke permuakaan usai Ganjar Pranowo mengunggah foto ngopi bareng bersama beberapa waktu lalu. 

Mahfud MD juga menjelaskan sudah bertemu dengan Bu Mega baru-baru ini. Meski demikian, Mahfud mengatakan bahwa keduanya tidak membahas soal cawapres dari Ganjar. 

“Enggak, enggak. Kita tahu bahwa keputusan itu ada di pimpinan partai dan pimpinan sudah punya pertimbangan-pertimbangan dan ukuran-ukuran sendiri. Oleh sebab itu, kita enggak bicara soal capres-cawapres,” ucap Mahfud MD. 

Jadi, pertanyaan besarnya adalah siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 nanti? Jawabannya masih belum pasti sebelum para ketua umum partai koalisi mengumumkannya sebentar lagi. 

Hal ini mengingat pendaftaran pasangan capres-cawapres akan dimulai pada minggu ke-3 bulan Oktober mendatang.  

Read Previous

Jaga Stabilitas Pangan Selama El Nino, Kementan Siapkan 500 Ribu Hektar Lahan dan Benih di 10 Provinsi

Read Next

Dukung Indikator Kinerja Utama, Kementan Tingkatkan Kapasitas Kinerja Penyuluh Pertanian Pusat dan Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *