• June 14, 2024

Makanan Khas Hari Raya Nyepi di Indonesia

VMNmedia.id – Hari Raya Nyepi yang diperingati oleh umat Hindu merupakan momen sakral penuh makna. Hari Raya Nyepi merupakan acara penting bagi umat Hindu sebagai perayaan Tahun Baru Saka berdasarkan perhitungan kalender Hindu. Dalam perayaan ini umat Hindu melakukan introspeksi diri.


Sama seperti peringatan keagamaan lainnya, Tahun Baru Saka ini tidak sebatas berisi rangkaian ibadah saja. Ada juga beberapa kudapan dan makanan khas Hari Raya Nyepi di Indonesia yang biasanya wajib disajikan

berikut deretan makanan khas Nyepi yang biasa disajikan umat Hindu :

  • Pulung Nyepi


Pulung Nyepi makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan kanji, lalu direbus sampai matang. Dari segi bentuk memang agak menyerupai biji salak. Namun, Pulung Nyepi disajikan hanya dengan gula merah serta taburan kelapa muda.


Makanan tradisional ini berasal dari Desa Sukasada, Bali dan biasanya selalu ada jelang ritual pengerupukan.

  • Kue Cerocot

Cerocot merupakan kue yang populer di Bali. Kue yang biasa disajikan dalam perayaan Nyepi ini berbentuk kerucut dan berwarna coklat. Sementara rasanya manis dan teksturnya kenyal.

Cerocot dibungkus menggunakan daun yang dililit membentuk kerucut. Sebenarnya jenis kue ini juga banyak ditemui di beberapa daerah lainnya, seperti Bali, Lombok hingga Sarawak. Hanya saja penyebutannya yang berbeda.

  • Nasi Tepeng

Makanan khas saat Hari Raya Nyepi di Indonesia selanjutnya ada Nasi Tepeng asal Gianyar, Bali, yang memiliki cita rasa pedas khas rempah-rempah. Biasanya, seporsi nasi tepeng disajikan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.


Penyajiannya juga tidak diletakkan dalam piring seperti pada umumnya, melainkan dengan alas pincuk daun pisang untuk menambah kenikmatan rasa.

  • Lawar

Lawar yang terbuat dari campuran daging babi, nangka muda, kelapa parut, dan bumbu rempah khas Bali, menjadi salah satu makanan khas saat Nyepi. Semua bahan-bahan membuat Lawar itu dicincang kecil-kecil, lali diberi tambahan beberapa sayuran lain.


Masyarakat Bali percaya bahwa Lawar merupakan makanan yang memiliki simbol keharmonisan serta keseimbangan, sehingga wajib dimakan saat perayaan momen sakral.

  • Ayam Betutu

Selain Lawar, umat Hindu di Bali juga kerap menyajikan Ayam Betutu sebagai persembahan saat melakukan ritual upacara keagamaan. Proses memasak Ayam Betutu ini masih menggunakan metode konvensional yang dipanggang dalam api sekam untuk menghasilkan cita rasa autentik Bali


Ayam Betutu termasuk makanan khas saat Hari Raya Nyepi di Indonesia dan sudah sangat terkenal karena rasanya menggugah selera serta nikmat.

  • Entil

Entil adalah makanan sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun lebar bernama nyelep atau talengidi. Bahan utamanya adalah beras, lalu dibungkus dan diikat dengan tali bambu dan direbus cukup lama melebihi durasi merebus ketupat.


Perebusan yang lama akan membuat rasa entil makin legit, sedap, dan tahan lama, karena ada aroma serta rasa daun nyelep yang meresap ke dalam nasi.

  • Jaja Apem

Kue apem tak pernah absen dalam perayaan adat di Bali termasuk Nyepi. Kue apem khas Bali ini populer dengan nama jaja apem, yang membedakan jaja apem dengan kue apem lainnya adalah kue khas bali ini dibuat dengan tidak ditambahkan gula. Meskipun begitu, rasanya tetap manis.


Biasanya jaja apem disajikan dengan taburan kelapa parut dan juga gula merah cair.

Read Previous

Tiket Konser BTS di CGV Jakarta Ludes Kurang Dari 5 Menit

Read Next

Twitter Dikabarkan Sediakan Fitur Podcast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *