• June 14, 2024

Ada Embun Es Yang Muncul Di Gunung Merbabu, Begini Penjelasan BTNGMb Terhadap Embun Es Yang Muncul

Fenomena embun es muncul di Gunung Merbabu. Embun-embun yang menempel di dedaunan membeku menjadi kristal es.
Fenomena alam langka di Merbabu itu diunggah oleh akun Instagram @merbabuviasuwanting. Ada dua gambar foto dan satu video yang memperlihatkan embun beku menempel di tumbuhan.

Pada pukul 07.45 WIB, postingan sekitar 24 jam yang lalu. Unggahan itu di-repost akun resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, @btn_gn_merbabu sekitar empat jam yang lalu.

“Fenomena langka terjadi di pos 3 merbabu via suwanting. Embun pagi di dedaunan berubah menjadi cristal es, semua itu diakibatkan karena cuaca suhu yang extrim. Ini biasanya terjadi di puncaknya musim kemarau sekitar bulan agustus. Gimana guys ada yang pernah ngalami?” keterangan dalam unggahan foto dan video tersebut.

Saat dimintai konfirmasi, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Nurpana Sulaksono membenarkan adanya fenomena embun es di Merbabu itu. Menurutnya, embun beku terpantau terjadi di Pos 3 Jalur Suwanting di Kabupaten Magelang.

Iya, di wilayah (Pos 3) jalur Suwanting, sedangkan di jalur-jalur yang lain kami masih belum mendapatkan informasi,” kata Nurpana

Nurpana menjelaskan embun es pagi hari di Merbabu itu terjadi dua hari yang lalu.

Di Pos 3, kata dia, berada di ketinggian di atas 2.500 mdpl. Kemungkinan embun es juga terjadi di wilayah di atas Pos 3. Namun pihaknya belum mendeteksinya.

Fenomena ini dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya sehingga belum tentu semua wilayah di kawasan puncak Merbabu bisa muncul embun es.

Read Previous

Basuki Hadimuljono Buka-bukaan Rencana Pembangunan Tol Bawah Laut di IKN

Read Next

Hadapi El Nino, Pemerintah Pastikan Ketersediaan Beras Nasional Mencukupi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *