• February 29, 2024

Beberapa Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

VMNmedia.id – Jika ingin kuat puasa seharian kalian disarankan untuk mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat kompleks. Berikut sejumlah makanan kaya karbohidrat kompleks yang bikin kenyang lebih lama.


Para ahli kesehatan mendorong santap sahur dan buka puasa dengan menu makanan bernutrisi seimbang. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral rasanya sudah lengkap. Namun pilihan karbohidrat perlu dicek lagi.

Secara umum, ada dua jenis karbohidrat yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Sebagaimana dilansir Very Well Health, karbohidrat sederhana adalah karbohidrat dengan susunan struktur kimia sederhana dan mudah dicerna tubuh.

  • Ubi

Sumber karbohidrat tidak selalu dari nasi, kalian bisa memperoleh karbohidrat terutama karbohidrat kompleks dari ubi. Ubi pun tidak harus menggunakan minyak untuk proses pengolahannya.

Ubi cukup direbus atau dipanggang untuk menemani menyantap sayuran, dada ayam panggang lengkap dengan minyak zaitun.

  • Talas

Talas termasuk keluarga umbi-umbian yang banyak terdapat di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Rasanya mirip dengan kentang tetapi lebih bertekstur dan berserat besar. Talas dapat diolah seperti ubi dan kentang seperti direbus, dikukus, dipanggang maupun ditumbuk. 

  • Singkong

Mungkin kalian sering menyantap singkong dalam bentuk keripik. Namun kali ini jadikan singkong sebagai sumber karbohidrat kompleks pengganti nasi. Selain itu, kalian juga akan mendapat asupan serat dan mineral dari singkong. 

  • Kentang 

Dari satu buah kentang, kalian dapat memperoleh aneka nutrisi termasuk karbohidrat kompleks, protein, juga mineral. Satu buah kentang berukuran sedang mengandung potasium yang lebih banyak daripada potasium pada pisang. Kandungan pati pada kentang pun mampu menyehatkan usus.


kalian tidak harus mengolah kentang terpisah dari menu lain. Cukup dengan sup, kalian bisa memasukkan hampir semua bahan pangan dengan aneka nutrisi seperti kentang, wortel, daung bawang, seledri, jagung, daging ayam dan kaldu tulang.

Read Previous

Cara Bersihkan Ubi Jalar Segar, Jangan Sisakan Kulitnya

Read Next

Saat Suhu Panas Minum Air Dingin Mengakibatkan Infeksi Saluran Napas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *