• June 14, 2024

Cinta Laura dan Ramengvrl, Kritik Sosial Lewat Musik

VMNmedia.id – Ramengvrl bekerja sama dengan Cinta Laura untuk menghasilkan single baru berjudul Bossy. Cerita itu diterbitkan pada Jumat (4/8).

Keduanya menjelaskan bahwa tema dan pesan lagu Bossy merupakan bentuk kritik sosial terhadap stigmatisasi perempuan Indonesia.

“Bossy adalah kritik sosial Ramengvrli kepada masyarakat,” kata Cinta Laura Shradda di Semesta House, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Kritik yang tersirat dalam lagu ini secara langsung tergambar dari kata “bossy” dalam Cinta Laura yang bisa berarti perilaku semena-mena dalam kepemimpinan. Kata “bossy” dipilih sebagai judul sebagai sindiran atas kenyataan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki posisi yang berbeda dalam posisi kepemimpinan.

“Seringkali ketika perempuan berada di posisi tinggi, mereka terlihat bossy, mendominasi,” kata Cinta Laura.

“Namun, ketika laki-laki dipandang sebagai pemimpin. Itu standar ganda dan tidak adil,” lanjutnya.”Kita bukan bossy kok, we’re just leaders.”

Ramengvrl selaku pencipta lagu Bossy pun setuju dengan penjelasan Cinta Laura. Pada akhirnya, ia mengusung tema centil sebagai dasar penulisan lagunya.

Ia mengatakan banyak masyarakat di Indonesia, terutama perempuan, tidak menyadari bahwa bersikap centilan adalah pilihan yang sah.

“Kita sekarang sudah ada di tahap kalau perempuan harus mengambil kekuatan kita lagi,” jelas Ramengvrl di kesempatan yang sama.

Menurut Ramengvrl, stigma di masyarakat Indonesia membentuk sifat centil dan kecapakan berpikir menjadi dua variabel yang berbeda.

Itu yang membuat Ramengvrl merasa harus meluapkan kritik tersebut bersama Cinta Laura yang kemudian berbuah menjadi single Bossy.

“Cewek cetil, atau suka pink, atau terlalu feminin bukan berarti dia enggak pintar,” kata Ramengvrl. “Lo bisa pintar dan centil dalam satu waktu dan itu yang mau kami bawakan di lagu ini.”

Bossy merupakan rilisan terbaru Ramengvrl yang melibatkan Cinta Laura sebagai kolaboratornya.

Aransemen lagu ini dibuat oleh Gerard Liu dari Weird Genius dan Decemberkid untuk menata gaya lugas dan menggelitik dari rap milik Ramengvrl.

Ramengvrl yang bernama asli Putri Estiani bertanggung jawab dalam menulis lirik yang ia gubah bersama Gerald Prayogo, Kamga, dan Ikhwan Bimoseno.

Perilisan lagu Bossy juga dibarengi dengan video klip bernuansa futuristik. Video klip itu disutradarai oleh Andrea Wijaya.

Bossy dirilis di semua layanan streaming pada 4 Agustus 2023.

Read Previous

Program CSA Kementan Asa Ditengah Ancaman Perubahan Iklim

Read Next

MA Batalkan Vonis Ferdy Sambo, Ubah Hukuman Mati Menjadi Seumur Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *