• June 20, 2024

Mentan SYL Ke Petani Ogan Illir “Biosaka Ini Sederhana Namun Luar Biasa”

Sumsel 8/8, Penerapan teknik ‘Biosaka’ dalam penanaman komoditas strategis seperti padi dan jagung kian masif. Para petani sudah banyak yang merasakan manfaat dari pengaplikasian Biosaka.

Mentan Syahrul Yasin Limpo terus Gencar mensosialisasikan Biosaka. Kali ini dalam kunjungannya di Kabupaten Ogan Illir, Sumatera Selatan, Mentan SYL demikian akrab dipanggil kembali memimpin demontrasi pembuatan Elisitor Biosaka bersama para petani dan penyuluh guna menderaskan aplikasi pertanian ramah lingkungan.

Menurutnya penerapan pertanian organik menjadi salah satu program utama tahun 2023 ini guna mewujudkan pertanian yang tangguh menghadapi dampak perubahan iklim global khususnya Elnino.

“Program saya tahun ini mengajarkan kembali pupuk organik. Tolong Biosaka sebagai elisitor dikembangkan terus di tiap Kabupaten atau Kota. Kita tidak boleh lagi bergantung pada pupuk kimia. Miminal kita kurangi penggunaan pupuk kimia,” tandasnya.

“Dengan adanya Biosaka, penggunaan pupuk kimia berkurang 50 persen dan kami optimis produksi ke depan pun meningkat. Dari 6 ton bisa 9 ton per hektar. Mengapa? karena lahan pertanian semakin subur dan hama berkurang,” Lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi, mengungkapkan bahwa Kementan terus memacu meningkatkan produksi salah satunya melalui pertanian organik, ramah lingkungan salah satunya dengan penerapan biosaka ini.

“Sesuai dengan arahan Bapak Menteri Pertanian , Syahrul Yasin Limpo ke depan produksi harus terus dipacu dengan pemanfaatan sumberdaya lokal, pertanian ramah lingkungan seperti Biosaka dan efisiensi biaya usahatani, teknologi pertanian presisi, serta antisipasi, mitigasi dan adaptasi terhadap ancaman Elnino pada 2023″ tutup Suwandi.

Read Previous

Kementan Terus Dorong Pengembangan Ubi Jalar berbasis Korporasi, Sejahterakan Petani di Karanganyar

Read Next

Al Nassr Melaju Ke Final Arab Club Champions Cup 2023 Berkat Gol Pinalti Dari Ronaldo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *