• June 14, 2024

PENAS 2023 di Padang Sukses Besar, Petani: Terima Kasih Pak Mentan

Jakarta-Penas XVI yang diselenggarakan di Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang Sumatera Barat, 10-15 Juni 2023 menjadi tonggak geliat petani-petani muda baru atau disebut sebagai petani milenial terjun di sektor pertanian.

Banyak teknologi pertanian dan cara-cara budidaya baru yang menarik perhatian salah satunya adalah pertanian presisi, dengan penggunaan teknologi smart farming.

Salah satu petani milenial asal Pemalang yang hadir, Aliyul Azmi, seperti dikutip dari minangkabaunews.com mengungkapkan bahwa menjadi petani itu mengasyikan.

“Ada banyak pengetahuan baru yang didapat. Koneksinya juga luas karena ada banyak teman di berbagai daerah. Jadi, ideal untuk mengembangkan usaha pertanian. Apalagi, kami didukung penuh pemerintah daerah,” kata Aliyul Azmi yang tahun ini berusia 29 tahun.

Aliyul Azmi yang kini tengah membudidayakan brokoli, timun dan cabai berharap generasi milenial jangan sampai meninggalkan dunia pertanian.

“Semangat agro harus di tumbuhkembang kepada anak cucu dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Petani milenial lainnya, Firdaus dari Kota Padang mengungkapkan banyak ilmu dan wawasan baru yang didapatkan selama Penas XVI berlangsung.

“Terima kasih Pak Mentan, acara ini sangat mendukung bagi petani baru seperti kami di mana dari pengalaman belum seberapanya. Bersyukur kami bisa bertanya-tanya langsung kepada para ahlinya di sini,” ujarnya.

Senada dengan Aliyul Azmi dan Firdaus, Fauzi, petani berusia 58 tahun yang berasal dari Desa Galis Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi dan Mentan SYL menurutnya telah berupaya semaksimal mungkin dalam rangka mengangkat harkat dan martabat para petani.
“Dalam artian beliau berdua berupaya untuk kemajuan para petani dan meningkatkan hasil daripada petani,” katanya
Fauzi berharap dengan pelaksanaan kegiatan Penas, sebagai ajang nasional, peserta yang sebagaian besar petani bisa menggali dan mempelajari teknologi dan informasi baru.

“Atas nama petani kami sampaikan terima kasih Pak Mentan dan Pak Jokowi,” pungkasnya.

Read Previous

Mentan SYL Kooperatif Penuhi Panggilan KPK

Read Next

PENAS Padang Sukses Besar, Ketua Umum DPA/DPM : Terima Kasih Pak Mentan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *