• June 14, 2024

Pengukuhan dan Rakernas Pengurus DPP PERHIPTANI Periode 2023-2028 Berlangsung Sukses di Jakarta 

Pengurus perhimpunan Penyuluh Petanian Indonesia (PERHIPTANI) periode 2023-2028 resmi dilantik di Jakarta pada hari Rabu, 25 Oktober 2023, di Aula Gedung D Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Dr. Ir. Isran Noor resmi dilantik menjadi Ketua Umum PERHIPTANI 2023-2028 setelah sebelumnya juga sudah menjadi ketua pada masa bakti periode sebelumnya.

Dalam kata sambutannya, Dr. Ir. Isran Noor mengatakan bahwa kondisi penyuluh petanian di zaman sekarang ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Oleh karenanya banyak penyesuaian yang harus dilakukan para penyuluh.

“Kondisi penyuluh pertanian sekarang sudah berbeda. Jadi banyak sekarang yang perlu kita perbaiki. Penyuluh pertanian harus bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang ini. Bahkan, kekuatan penyuluh pertanian itu sudah dipayungi oleh Undang-undang yaitu Undang-undang nomor 16 tahun 2006,” ucap Ketua PERHIPTANI 2023-2028 dalam pidatonya.

Dr. Ir. Isran Noor juga mengingatkan kepada seluruh anggota PERHIPTANI yang datang ke acara ini bahwa penguatan lembaga ini harus dilakukan di tengah tantangan zaman yang luar biasa sekarang ini.

“Kita harus bisa menyesuaikan dengan situasi, tantangan kita sangat luar biasa. Lingkungan strategis kita saat ini sudah berubah. Penguatan kelembagaan ini tidak bisa ditawar-tawar, penguatan yang sudah dilindungi undang-undang ini. Saya berharap kepada kawan-kawan pengurus baik itu DPP, DPW, DPD, sampai ke bawah harus mengkonsolidir, harus meningkatkan kapasitasnya,” tambah nya.

Acara ini juga dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S Maringka, untuk melantik pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) PERHIPTANI 2023-2028. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada pengurus DPP PERHIPTANI yang baru saja dilantik.

“Kami sampaikan ucapan selamat kepada bapak ibu sekalian yang tentunya menjadi mitra strategis terhadap Kementerian Pertanian. Kementerian Pertanian ini juga tidak mungkin bekerja sendiri tanpa kehadiran dari para petani,” ucap Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S Maringka dalam sambutannya.

“Keberpihakan terhadap sektor pertanian harus sama-sama kita lakukan. Barangkali itu beberapa hal yang saya titipkan, kiranya kita bisa bersinergi sebagai mitra strategis pemerintah mari sama-sama kita bangun pertanian kita dan bisa berjalan bersama dalam menuju kedaulatan pangan,” tutup Dr. Jan Maringka disambut tepuk tangan meriah hadirin yang hadir.

Selain itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi juga mengatakan bahwa peran penyuluh dalam pertanian ini sangat luar biasa. Selain itu, para penyuluh ini telah membantu Kementerian Pertanian sebagai mitra strategisnya.

“PERHIPTANI itu, para penyuluh yang sudah terbukti dalam mensupport program Kementerian Pertanian ini sangat luar biasa. Semua program Kementerian Pertanian ini disupport habis oleh para penyuluh ini. Kedepan tentu kita berharap tupoksi dari penyuluh ini bisa lebih ditingkatkan. Penyuluh itu bukan hanya fasilitator, kedepan kita harapkan penyuluh ini juga bisa menjadi motivator di daerah,” ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi dalam acara yang sama.

Acara pengukuhan ini lalu dilanjutkan dengan rakernas PERHIPTANI periode 2023-2028. Agenda rakernas ini tentunya membahas AD-ART organisasi dan program kerja lima tahun kedepan. Selain itu, rakernas ini juga membahas hal-hal detail seperti masa depan penyuluh di daerah dan bagaimana caranya menjadikan organisasi PERHIPTANI lebih jaya lagi kedepannya.

Read Previous

Dorong Regenerasi Petani, Kementan Maksimalkan Program Pembiayaan Pertanian

Read Next

Optimalkan Peran Wanita Tani, Kementan Terus Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *