• June 14, 2024

Sungai Amazon Mengalami Kekeringan Parah

Terjadinya kekeringan ekstrem di wilayah sungai Amazon, Brazil, Pemerintah setempat memberikan bantuan darurat kepada penduduk disekitar wilayah tersebut.

Marina Silva selaku Menteri Lingkungan Hidup Brazil mengatakan bahwa kondisi sungai yang kering berdampak pada saluran air bersih warga. Banyak ikan mati terlihat mengambang di permukaan sungai sehingga mencemari air untuk minum.

“Kita menghadapi situasi yang sangat mengkhawatirkan. Kekeringan yang luar biasa ini telah mengganggu jalur transportasi sungai sehingga mengancam kekurangan pangan dan air. Kematian ikan dalam jumlah besar sudah mulai terjadi,” kata Silva.

Ketinggian air di Rio Negro turun sekitar 30 sentimeter (11,8 inci) sehari sejak pertengahan September dan mencapai 16,4 meter (54 kaki) pada Rabu (27/9), sekitar enam meter di bawah permukaan air pada hari yang sama tahun lalu.

Silva juga mengatakan kekeringan tersebut dialami dari efek El Nino berkala yang bercampur dengan perubahan pola cuaca akibat pemanasan global. kekeringan yang terjadi di sungai Amazon berdampak pada 500.000 orang disana.

Read Previous

Sir Michael Gambon, Pemeran Dumbledore Telah Meninggal Dunia

Read Next

Sekolah Alam Al-Firdaus Yang Bayaran SPP Dengan Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *