• July 16, 2024

Berkunjung Ke China, Jokowi Membawa Oleh-Oleh Investasi Rp197 Triliun

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan kerja sama senilai 12,6 miliar dolar AS atau setara Rp197,5 triliun usai menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di China World Hotel, Beijing, pada Senin (16/10/2023).

Perjanjian kerja sama itu disampaikan Menteri BUMN sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir melalui Instagramnya.

Erick mengungkapkan bahwa dalam forum tersebut, pemerintah kedua negara menyepakati penandatanganan 11 dokumen. Kerja sama itu disebutnya bertujuan untuk memperkuat pengembangan industri baterai listrik, energi hijau, dan teknologi kesehatan di Tanah Air, agar mampu meningkatkan pembukaan lapangan pekerjaan.

Selain Erick, beberapa menteri juga mendampingi Jokowi ke China antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu, Jokowi dalam sambutannya mengapresiasi investasi para pengusaha Tiongkok yang telah berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Negeri Tirai Bambu itu menduduki posisi kedua dalam daftar kontributor foreign direct investment (FDI) di Indonesia, melesat dari urutan 12 pada 2013.

Jokowi sempat menyampaikan bahwa Indonesia tengah fokus untuk melakukan hilirisasi industri terhadap berbagai komoditas, seperti nikel, tembaga, timah, serta minerba lainnya. Selain itu, pemerintahannya juga sedang menggarap pembangunan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia.

“Ini butuh alih teknologi tinggi serta investasi, apalagi jika dipadukan dengan penggunaan sumber energi hijau yang sangat melimpah di Indonesia untuk menghasilkan produk-produk hijau, untuk menciptakan ekosistem ekonomi hijau,” Ujarnya.

Read Previous

Portugal Tampil Memukau Di Kandang Bosnia

Read Next

Sambut IKN Nusantara, Kalimantan Timur Siapkan Paket Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *