• June 20, 2024

Sambut IKN Nusantara, Kalimantan Timur Siapkan Paket Wisata

Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menyiapkan paket wisata baru karena jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut mulai meningkat, sekaligus guna menyambut pindahnya ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Selain itu Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diproyeksikan menjadi smart city ternyata menyimpan surga pariwisata yang sangat potensial untuk menjadi favorit wisatawan. Dengan keindahan alamnya, Kalimantan Timur memiliki banyak destinasi wisata bahari.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, promosi pariwisata di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, selama ini masih kalah dengan wilayah lain seperti Raja Ampat di Papua Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bali.

Maka itu, Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggelar perjalanan wisata pengenalan atau familiarization trip (famtrip) ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Restiawan Baihaqi, salah satu tempat yang diminati adalah Titik Nol IKN Nusantara.

Melalui famtrip ini, harapannya dapat tercipta sebuah travel pattern “Paket Wisata IKN”, dengan pola perjalanan meliputi wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan, termasuk desa wisata yang ada di daerah tersebut.

Selain untuk mempromosikan sektor pariwisata, kegiatan famtrip tersebut juga bertujuan untuk menguji coba pola perjalanan wisata atau travel pattern yang nantinya dapat dimanfaatkan menjadi paket wisata. Kegiatan ini sekaligus ingin menggalakkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Berwisata

Read Previous

Berkunjung Ke China, Jokowi Membawa Oleh-Oleh Investasi Rp197 Triliun

Read Next

Tingkatkan Produktivitas dan Jaga Kelestarian Alam, Kementan Masifkan Penggunaan POC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *