• July 14, 2024

Cara Simpan Talas Agar Tidak Mudah Rusak

VMNmedia.id – Talas merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Tanaman ini berasal dari suku talas-talasan. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang.

Adapun cara simpan talas yang benar agar tidak cepat bertunas. Hal ini perlu kamu ketahui saat akan membeli talas dalam jumlah banyak untuk olahan makan di rumah.

Melansir dari buku “Untung Berlipat Dari Budi Daya Talas Tanaman Multi Manfaat” oleh H. Rahmat Rukmana & H. Herdi Yudirachman terbitan Lily Publisher dan laman FOOD52, ada tips menyimpan talas yang benar berikut ini.

Umbi talas yang sudah dipanen sering kali menjadi mudah rusak. Terutama, kalau talas tidak disimpan dengan benar. Umbi talas memerlukan ruang penyimpanan yang kering dengan suhu ruangan sekitar 7-15 derajat celsius.

Umbi talas bisa awet hingga enam minggu. Biasanya, setelah itu umbi talas mulai bertunas. Namun, jika disimpan dalam suhu rendah umbi talas bisa bertahan hingga sembilan minggu.

Ada cara simpan talas yang lebih mudah yaitu simpan dengan cara dibungkus kertas. Taruh di suhu ruangan atau di pojok dapur, pastikan tempat penyimpanan tersebut tidak lembab.

Read Previous

Kementan, UGM dan Pemerintah Daerah Canangkan Bangkitkan Kedelai Lokal Di Klaten

Read Next

Khasiat Kacang Hijau, Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *