• February 29, 2024

Cimplung, Kuliner Dari Bahan Umbi-Umbian Khas Banyumas

VMNmedia.id – Cimplung adalah salah satu kuliner khas dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kuliner khas ini bisa mudah ditemui di tempat wisata di Kabupaten Banyumas. Cimplung berbahan dasar umbi-umbian dan kemudian diolah dengan direbus dalam air nira yang mendidih.

Ada beragam jenis umbi-umbian yang digunakan, seperti singkong, ubi jalar, dan talas. Karena direbus dengan air nira yang berwarna cokelat keemasan, tekstur dan rasa pada cimplung ini seperti gula karamel dan tentunya memiliki rasa yang manis.

Dilansir dari Solopos.com, menikmati cimplung bisa langsung disantap setelah masak atau bisa juga digoreng. Cimplung memiliki rasa yang sangat manis sehingga bagi penderita diabetes, makanan ini tidak dianjurkan meskipun rasa manisnya berasal dari bahan alami.

Cimplung sendiri berasal dari Bahasa Jawa, yaitu ‘Cemplung’ yang artinya masuk ke dalam air. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengolahan makanan ini adalah dengan dimasukan ke dalam air nira (cemplung) yang memiliki aroma dan rasa manis alami dari gula jawa. Selain singkong, bahan dasar cimplung juga bisa menggunakan pisang.

Cara pengolahan cimplung ini mudah, namun perlu diketahui bahwa cimplung ini harus diolah dalam air nira yang sudah dicampur dengan gula jawa dan sudah direbus selama lima jam.

Sedangkan saat memasak singkongnya tidak perlu lama-lama, hanya ditunggu sampai benar-benar matang. Jangan terlau lama dalam pengoalahan karena bisa merusak tekstur singkong.

Read Previous

Benarkah Kacang-Kacangan Dapat Menurunkan Berat Badan?

Read Next

Menghilangkan Gatal Pada Batang Talas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *