• July 14, 2024

Menghilangkan Gatal Pada Batang Talas

VMNmedia.id – Batang talas mungkin bukan sayuran yang sangat tidak populer dibandingkan sayuran lain yang lebih umum dijual di pasaran. Tapi batang talas memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan empuk dimakan.

Tapi sayangnya, batang talas tidak bisa langsung diolah begitu saja hanya dengan mencuci dan memotong-motongnya karena batang talas ini memiliki getah yang membuatnya gatal jika dimakan langsung. Sebelum bisa diolah, ada beberapa cara menghilangkan gatal pada batang talas sehingga nikmat saat dimasak. Ini dia beberapa cara menghilangkan gatal pada lompong atau batang talas.

  • Kupas kulit terluarnya

Mengupas kulit yang berwarna hijau atau ungu pada bagian terluar batang talas mampu mengurangi kandungan getah di dalam batang talas. Itu karena umumnya getah terletak paling banyak pada kulit terluar batang.

  • Remas dengan garam

Setelah dikupas, potong-potong lompong, kemudian cuci bersih dengan air. Tambahkan 1-2 sdm garam ke dalam wadah batang talas yang sudah ditiriskan. Remas-remas menyeluruh sehingga getahnya keluar dari dalam. Jika sudah cukup layu, cuci bersih dari air garamnya.

  • Rebus dengan air garam

Jika tak ingin repot meremas-remas, apalagi jika kulitmu cukup sensitif terhadap getah lompong, sebaiknya direbus saja bersama air garamnya. Karena getah lompong bisa menyebabkan gatal di tangan, ada baiknya langsung direbus hingga layu. Kemudian tiriskan dan cuci bersih.

  • Dibiarkan semalaman

Lompong yang baru saja dipanen sebaiknya tidak langsung dimasak karena kandungan getahnya masih banyak. Dijemur atau diamkan selama semalam dengan cara diberdirikan. Sandarkan di dinding sehingga getahnya bisa menetes habis. Setelah itu, lompong bisa dibersihkan.

Read Previous

Cimplung, Kuliner Dari Bahan Umbi-Umbian Khas Banyumas

Read Next

Manfaat Wortel Tingkatkan Produksi Kolagen Hingga Mencerahkan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *