• June 21, 2024

PENDAMPINGAN KEPADA KARANG TARUNA OLEH MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP MENGENAI PEMILU MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL

Klego (21/01/2024). Di era globalisasi saat ini, keterbukaan dan kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, hal ini dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN tim 1 Undip untk melakukan pendampingan dan edukasi mengenai pemilu kepada generasi muda, dalam hal ini karang taruna Desa Klego.

Hal ini dirasa penting karena pada tahun 2024 pemilu akan dilakukan di Indonesia, bukan hanya memilih presiden namun juga memilih anggota DPR dan DPRD masing-masing wilayah. Kesadaran untuk ikut serta dalam pemilu menjadi hal penting bagi generasi muda karena mayoritas pemilih akan berasal dari generasi muda pada pemilu 2024 ini.


Pendampingan dan edukasi dilakukan di balai desa pada hari Minggu (21/01/204) pukul 08:00 WIB, dimana karang taruna mendapat bahan bacaan berbentuk e-book dari mahasiswa KKN tim Undip. Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi yang terdapat di e-book. Materi tersebut antara lain mengenai sejarah pemilu, mekanisme pemilu, penting nya untuk tidak golput dan panduan pemilu agar karang taruna dapat melaksanakan kegiatan pemilu dengan baik.


Antuasiasme karang taruna Desa Klego cukup baik dimana di akhir sesi terdapat tanya jawab seputar materi yang sudah disampaikan. Bahan bacaan berbentuk e-book sangat mudah diakses dan disimpan oleh karang taruna karena berbentuk PDF dan dapat langsung di download di masing-masing smarthphone mereka.


Harapanya, generasi muda Desa Klego yang diwakili oleh karang taruna dapat mendapatkan manfaat dari pendampingan dan edukasi yang telah dilakukan dan meningkatkan kesadaran penting nya memilih dala Pemilu tahun 2024. Karena pemilu merupakan pesta demokrasi masyarakat yang hanya dilakukan 4 tahun sekali, oleh karena itu sangat disayangkan apabila tidak digunakan secara baik.

Oleh: Fabian Ramadhan Gavin (KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024)

Read Previous

Kementan Tekan Impor Tanaman Hias Aglaonema

Read Next

PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL DAN E SERTIFIKAT UMKM KEPADA PELAKU USAHA DAN PERANGKAT DESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *