• June 21, 2024

PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL DAN E SERTIFIKAT UMKM KEPADA PELAKU USAHA DAN PERANGKAT DESA

Klego(24/01/2024). Banyak nya pelaku usaha yang dikategorikan dalam UMKM di desa Klego macam nya sangat beragam. Dari penjual sayuran, laundry kiloan, usaha kuliner rumahan hingga bisnis souvenir. Namun, masih cukup banyak yang tidak memiliki sertifikat halal dan pengetahuan untuk memperoleh e-sertifikat secara online.

Oleh karena itu mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024 yaitu Fabian Ramadhan Gavin melakukan edukasi dan pendampingan mengenai langkah-langkah untuk mengurus sertifikat halal serta langkah-langkah untuk mendapatkan e- sertifikat yang dapat di akses secara online untuk melegitimasi usaha yang sedang dijalankan Edukasi dan pendampingan ini menyasar kepada pelaku UMKM dan perangkat desa yang ada di Desa Klego.

Harapan nya, setelah dilakukan edukasi dan pendampingan ini, maka pelaku UMKM di Desa Klego dapat teredukasi dan memahami bagaimana penting nya mengurus sertifikasi halal dan e-sertifikat untuk kemajuan usaha. Dengan ada nya sertifikasi halal dan e-sertifikat, maka peluang untuk mendapat keuntungan akan semakin besar karena konsumen akan merasa lebih percaya dan merasa aman dalam membeli produk dari pelaku UMKM yang ada di Desa Klego. Tentu harapan nya juga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Klego.

Oleh: Fabian Ramadhan Gavin (KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024)

Read Previous

PENDAMPINGAN KEPADA KARANG TARUNA OLEH MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP MENGENAI PEMILU MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL

Read Next

BPS: Ekspor Pertanian Januari 2024 Naik Pada Saat Sektor Lainnya Turun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *